Rabu, 18 Januari 2012

Berdiri di Atas Kaki Sendiri


Dari judulnya, sekilas mengingatkan kita sama Bapak Ir. Soekarno, sang proklamator bangsa Indonesia, tapi sebenernya tulisan ini bukan tentang se-ja-rah.

“Berdiri diatas kaki sendiri”, ideologi Bapak Presiden Indonesia pertama ini entah kenapa bagi admin sangat istimewa. Sekilas makna kalimat itu memang terkesan egois dan sombong, tapi kalau bicara soal ‘berjuang dan bertahan’ kalimat itu amat sangat bermakna. Ada sebuah ke-optimisan yang sangat besar dibalik kalimat itu.

Manusia memang makhluk sosial, pasti saling membutuhkan satu sama lain dan harus tolong menolong. Tapi ‘membutuhkan’ itu bisa dilihat dari banyak sudut pandang. Dengan kita sebagai makhluk sosial bukan berarti kita selalu bisa mengandalkan oranglain dan bersandar pada orang lain. Memang ada kalanya kita butuh sandaran, tapi apa selamanya mau kayak gitu? Kayak benalu dalam istilah lain.
Ini hidup kita, milik kita, perjuangan kita sendiri, bukannya mau sombong kalau kita nggak butuh orang lain, tapi ini tentang perjuangan, dan nggak tergantung oranglain. Minta tolong kalau emang kita bener-bener butuh, tapi jangan dijadiin kebiasaan.

Nah, dengan sikap admin (kata temen-temen admin) yang ‘dingin’, sok cool dan cuek secara nggak langsung admin emang punya prinsip “Berdiri di atas kaki sendiri”. Belajar buat berjuang dengan cara sendiri di jalan yang udah ditentuin sendiri, nggak mau ditolong orang lain kecuali emang butuh banget bantuan.
Admin emang nggak mau jadi tergantung sama orang lain, nggak mau jadi cewek lemah yang gampang galau dan nggak tahan sakit. Kalau kita terbiasa berusaha sendiri dan punya prinsip kuat, kalau kita jatuh pun insya Allah kita bisa cepet berdiri sendiri.

Admin juga nggak begitu suka ngurusin urusan oranglain, mereka punya jalan sendiri yang nggak perlu buat diutak-atik. Admin lebih suka bentuk pertemanan yang “jalani hidup masing-masing, kalau butuh aku tetep ada buat kamu”, emang keliatannya individual banget, tapi bentuk yang kayak gitu yang bikin admin nyaman. Mungkin karena admin orangnya nggak suka kalau ada orang ikut campur, jadi nggak suka juga ngikutcampurin urusan orang. Istilah lainnya “ngapain sih repot-repot ngurusin oranglain, urusan sendiri aja belum tentu beres”. Tapii… kalau ada temen yang butuh bantuan, admin bakal selalu siap siaga ada buat bantuin dia B)

Kenapa admin lebih pengen berjuang sendiri tanpa tergantung oranglain? Karena kalau nggak bisa berjuang buat diri sendiri gimana mau memperjuangkan oranglain?

Sebenernya admin akui, admin emang orangnya susah buat percaya sama orang, takut kecewa. Sama kayak kalau terlalu tergantung sama orang lain itu berpotensi kekecewaan, entah karena nggak sesuai harapan atau lainnya.

Seperti yang sering admin bilang, “kalau jatuh, berdiri pakai kakimu sendiri, percuma oranglain repot-repot ngulurin tangan buat Bantu kamu tapi kamu nggak ada niat buat bangkit lagi”

“Berdiri di atas kaki sendiri” bukan sebuah ideologi kesombongan, tapi sebuah tekad keoptimisan yang kuat untuk berjuang dengan usaha sendiri.


- jangan lupa buat negur admin kalau admin khilaf, admin juga manusia biasa, tempatnya salah o:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar